PENINGKATAN PENGENALAN ANGKA MELALUI BERMAIN DENGAN MEDIA BIJI KARET PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN
Abstract
Abstrak: Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Sedangkan metode yang digunakan yaitu media biji karet. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang pengenalan angka melalui bermain dengan media biji karet. Subjek dalam penelitian ini adalah anak yang berjumlah 15 orang, yang terdiri 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Lokasi yang digunakan dalam penelitian adalah PAUD Mekar Jaya Kecamatan Kuala Mandor B Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan hasil analisis data, maka secara umum dapat disimpulkan bahwa melalui metode bermain dengan media biji karet dapat meningkatkan pengenalan angka pada anak usia 4-5 Tahun di PAUD Mekar Jaya Kecamatan Kuala Mandor B.Kesimpulan penelitian tersebut dapat dijabarkan secara rinci sebagai berikut: 1) Berdasarkan hasil observasi, maka hasil kemampuan guru dalam perencanaan pembelajaran sudah direncanakan dengan baik. 2) Berdasarkan hasil observasi, maka hasil kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran sudah dilaksanakan dengan baik. 3) Berdasarkan hasil observasi perkembangan anak dalam meningkatkan pengenalan angka melalui metode bermain dengan media biji karet pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan.
Kata Kunci: Pengenalan Angka, Metode Bermain, Media Biji Karet.
Abstract:This study uses classroom action research. While the methods used are media rubber seeds. The purpose of this study is to know about numeracy through play with a rubber seed media. Subjects in this study were children who totaled 15 people, including 9 boys and 6 girls. Locations used in the study is early childhood Mekar Jaya District of Kuala Mandor B Based on the research that has been done and the results of data analysis, it can generally be concluded that through a method of playing with a rubber seed media can improve numeracy in children aged 4-5 years in early childhood Mekar Jaya District of Kuala Mandor B.Kesimpulan the research can be spelled out in detail as follows: 1) Based on observation, the result of the ability of teachers in lesson planning is already planned. 2) Based on observation, the result of the ability of teachers in implementing the learning has been implemented properly. 3) Based on the observation of a child's development in increasing numbers through the introduction of a method of playing with a rubber seed media in the first cycle and the second cycle increased..
Keyword : Intro to Numbers, Methods Playing, Rubber Seed Media.
Full Text:
UntitledDOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v5i3.14650
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .