PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA DI KELAS IV SD

Shoimah Aini, Hery Kresnadi, Mastar Asran

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam peserta didik di kelas IV SD Negeri 34 Pontianak Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 36 peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya peningkatan rata-rata motivasi intrinsik peserta didik yang pada siklus 1 sebesar 63% dan siklus 2 menjadi 77% dan peningkatan motivasi ekstrinsik pada siklus 1 sebesar 55% dan siklus 2 menjadi 81%. Sementara itu, hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan, yang sebelumnya (base line) sebesar 59% menjadi 67% pada siklus 1 dan pada siklus II menjadi sebesar 73%. Dengan demikian penerapan model kooperatif tipe STAD pada pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 34 Pontianak Selatan, dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Kata Kunci: Kooperatif Tipe STAD, Motivasi Belajar

Abstract: This research aims to improve the motivation of Natural Sciences students in classes IV SD Negeri 34 South Pontianak. The research method is descriptive. The subjects were 36 students. The results of data analysis showed that the average intrinsic motivation increased from 63% in cycle 1 to 77% cycle 2. While another extrinsic motivation on cycle 1 cycle was 55% and went to 81% incycle 2. Meanwhile, the study of students also increased, the previous (base line) was 59% to 67% in cycle 1 and on the second cycle to 73%. Thus, the application of the model to the type STAD cooperative in learning science in the fourth grade Pontianak District 34 South is eefective to increase the motivation of learners.


Full Text:

PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i3.1465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats