PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAH PENDEK DENGAN METODE DRILL PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Lena Silawati, M. Syukri, Halida .

Abstract


 

Abstrak: Masalah yang di bahas dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan menghafal surah pendek dengan metode drill .pada anak usia 4-5 tahun di RA Al-Ikhlas Kabupaten Kubu Raya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan anak dalam menghafal surah pendek dengan penggunaan metode drill.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Sedangkan metode yang digunakan yakni metode deskriptif. Subjek penelitian  adalah anak yang berjumlah 22 orang, 14 anak laki-laki dan 8 orang anak perempuan. Hasil yang diperoleh dari siklus 1 terutama nilai  yang berkembang sangat baik untuk menghafal dengan memperhatikan makhrajnya adalah 11 orang anak (50%), dan  untuk menghafal harus dengan tartilnya adalah 13 orang anak (59,1%). Pada siklus 2 kemampuan anak membaca surah pendek harus memperhatikan makhrajnya, terutama yang berkembang sangat baik adalah 15 orang anak (68,2%) dan anak menghafal harus dengan tartil yang berkembag sangat baik adalah 15 orang anak (68,2%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan metode dill dapat meningkatkan kemampuan anak menghafal surah pendek.

Kata Kunci: Surah Pendek, Metode Drill.

Abstract:Issues addressed in this study is how to improve the ability to memorize the short chapters with drill method .In children aged 4-5 years in RA Al-Ikhlas Kubu Raya. The purpose of this study was to determine the ability of a child to memorize the short chapters with the use of drill method. This study uses classroom action research. While the methods used the descriptive method. The research subject is a child who was 22 people, 14 boys and 8 girls. The results obtained from the first cycle, especially developing excellent value with regard to memorize makhrajnya are 11 children (50%), and to memorize should tartilnya is 13 children (59.1%). In cycle 2 children's ability to read short chapters should pay attention makhrajnya, especially growing very well are 15 children (68.2%) and children must memorize with excellent berkembag tartil which is 15 children (68.2%). It can be concluded that the implementation of learning with dill method can improve a child's ability to memorize the short chapters.

Keyword :Surah Short, Method Drill.


Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v5i3.14578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats