UPAYA PENINGKATAN INTLEGENSI KINESTETIK TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JANGKIT SISWA KELAS XI IPS A

Tri Munandar, Ahmad Atiq, Edi Purnomo

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intlegensi kinestetik terhadap hasil belajar lompat jangkit melalui media kotak lompat pada siswa kelas XI IPS A di SMAN 1 Ngabang.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk pre-experimental design.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS A SMAN 1 Ngabang, yang berjumlah 32 orang. Dalam penelitian ini melakukan tekniksamplingjenuhyaitu mengambil seluruh Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS A SMAN 1 Ngabang  yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu kemampuan siswa yang terdiri dari 32 sampel maka diperoleh hasil untuk tes awal (pretest) yaitu rata-rata 17.06, skor minimal 13, skor maksima 19, dengan standar deviasi1.899 Sedangkan untuk tes akhir (posttest) yaitu rata-rata 19.53, skor minimal 14, skor maksimal23, dengan standar deviasi2.271.Hasil ttest = 12.964 lebih besar dari nilai ttabel = 2.039, artinya hipotesis diterima berarti terdapat pengaruh intlegensi kinestetik terhadap hasil belajar lompat jangkit siswa kelas XI IPS A di SMAN 1 Ngabang. Adapun persentase peningkatan adalah sebesar 14.47%.

Kata Kunci:Intelegensi Kinestetik, Hasil Belajar Lompat jangkit

Abstract: The aim of this study was to determine the effect on learning outcomes kinesthetic intelegensi tiple jump through the media box to jump on A class XI IPS in SMAN 1 Ngabang. The method used in this study is the experimental method to form a pre-experimental design. The population in this study were students of class XI IPS SMAN 1 Ngabang A, which amounted to 32 people. In this study perform saturation sampling technique that is taking the whole sample used in this study were all student of class XI IPS SMAN 1 Ngabang A totaling 32 students. Research result obtained, namely the ability of students consisting of 32 sample of the obtained reslts for the initial test (pretest) with an average of 17,06 a minimum score of 13, a score maximal 19, with a standard deviation of 1,899, while for the final test (posttest) which is a average 19,53 a minimum score of 14 , a maximum score of 23, with a standard deviasi of 2.271. finaily test = 12.964 is grater than the value of table = 2,039, meaning that the hypnothesis is accepted intelegensi kinesthetic means there is influence of learning outcomes triple jump A class XI IPS in SMAN 1 Ngabang. The percentage increase is at 14,47%

Keywords : kinesthetic intelegence, learning outcomes jump trans missible.


Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v5i3.14573

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats