PENGARUH PEMBELAJARAN METODE PRAKTIKUM PADA MATERI LAJU REAKSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MAN MEMPAWAH

Fatonny Fakhrurrazie, Hairida ., Lukman Hadi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menentukan perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diajarkan pembelajaran menggunakan metode praktikum menggunakan bahan kehidupan sehari-hari. Bentuk penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian pre-experimental design dengan rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan analisis dengan menggunakan uji T Paired (α = 0,05) diperoleh nilai t hitung 3,85 dengan keputuan Ho ditolak yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah dilakukan pengaruh metode praktikum menggunakan bahan kehidupan sehari-hari dalam materi laju reaksi pada siswa kelas XI IPA MAN Mempawah. Perhitungan effect size pembelajaran menggunakan metode praktikum menggunakan bahan dalam kehidupan sehari-hari sebesar 1,59 dengan pengaruh sebesar 44,41% terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi laju reaksi kelas XI IPA MAN Mempawah.

 

Kata kunci : Pembelajaran metode praktikum

Abstract: The purpose of this research is to determine the difference of the students’ learning outcomes before and after being taught using practical learning method using daily life materials. The from of the research is a pre-experimentalreserch with one group pretest –posttest design. Based on the T paired test analysis (α = 0,05), it was obtained that the T value 3,85. It means the initial hypothesis (Ho) is rejected and there is a difference on the students’ learning outcomes before and after being thaught using practical learning method of using daily life material on the raction rate material to the eleventh grade student of science class of MAN Mempawah. The effect size of the use of practical learning method using daily life materials is 1,59. The influence of treatment is 44,41%. The improvement of students’ learning outcomes on the reaction rate material to the eleventh grade students of science class of MAN Mempawah.

Keyword          : .Practical learning method

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v5i3.14568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats