ANALISIS INTERAKSI SISWA DAN ORANG TUA YANG BEKERJA DI SMAN 1 MEMPAWAH
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran interaksi siswa dan orang tua yang bekerja di SMAN 1 Mempawah. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung dan teknik studi dokumenter, sedangkan alat pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini disajikan secara deskripif kualitatif dengan menggunakan informan sebanyak 10 orang yang terdiri dari 5 keluarga dengan masing-masing keluarga beranggotakan sebanyak 2 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi siswa dan orang tua yang bekerja berupa kontak sosial dan komunikasi terjalin dengan baik. Anak berangkat sekolah menicium tangan, ketika tidak bertemu mereka menggunakan alat komunikasi handpone.
Kata kunci : Interaksi Sosial, Orang Tua Bekerja
Abstract: This study aims to know the role of interaction between students and their parents who work at SMAN 1 Mempawah. This research is conducted according to descriptive qualitative method. The technique used to collecting the data are direct observation, direct communication and documentary studies, while the instrumen are observasi, inteview and documentation. The analysis of this research presented according to descriptive qualitative by 10 participants that consisting of 2 people in each 5 families. The results showed that the interaction between students and their parents in social contact and communication are well established. The kids kiss their parents’ hand before go to school, and using their phone to communicate to their parents.
Keywords: Social Interaction, Parent Work
Full Text:
UntitledDOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v5i3.14496
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .