PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA SISWA XI IPS SMA WISUDA PONTIANAK

. Ayumi, Abdussamad ., Deden Ramdani

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas XI IPS SMA Wisuda Kota Pontianak Tahun Ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dan bentuk penelitianya kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS dan RPP. Hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut rata-rata nilai hasil belajar siswa sebelum melakukan tindakan 66.434%. Hasil memahami bacaan menggunakan metode inkuiri pada siklus I mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 72.695%. sedangkan, pada siklus II memperoleh nilai rata- rata 77.862%. berdasarkan data dari hasil memahami bacaan siklus I dan siklus II mengalami peingkatan. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, maka disimpulkan bahwa penggunaan metode inkuiri dalam proses memahami bacaan meningkat. Oleh sebab itu, metode inkuiri dapat menjadi alternatif dalam mengatasi masalah rendahnya tingkat pemahaman siswa dalam suatu bacaan.

Kata Kunci: Memahami Bacaan, Metode Inkuiri

Abstract: This study aims to determine the ability of seventh grade students of MTs Al-Muhajirin Melayu Sungai Ketapang Rayak learning year 2015/2016 in understanding non-literature text. This research is quantitative and the method used in this research is descriptive method. The sample in this study is the entire population sampled as many as 42 students. Results of analysis of data obtained at each level of understanding that is at the level of literal understanding of the results obtained 88.57 category of "Very Good", at the level of understanding of inferential 75.59 category "Enough", at the level of critical understanding of the results obtained 82.85 categories "Good", and the latter at the level 81.97 creative understanding obtained results categories "Good". The fourth aspect is based on the understanding it can be concluded that the ability of the students in understanding the overall results obtained non-literature text 3492 with an average of 83.14286 category of "Good".

Keywords: Ability, Understanding, Non-Literature Text


Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v5i3.14427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats