PENGEMBANGAN STEM SOAL BERBASIS MULTI REPRESENTASI DALAM MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT DI SMP

Syarifah Masna, Sugiatno ., Agung Hartoyo

Abstract


Abstrak: Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menghasilkan stem soal berbasis multi representasi yang valid dan praktis dalam materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Zulkardi (2006).  Subjek populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 3 Sukadana kelas VII yang telah menerima atau mempelajari materi penjumlahan bilangan bulat. Sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas VII B, berdasarkan saran dan pertimbangan dari guru bidang studi yang mengasuh di SMP Negeri 3 Sukadana. Hasil penelitian ini adalah: menghasilkan stem soal berbasis multi representasi yang valid dan praktis pada materi penjumlahan bilangan bulat untuk siswa kelas VII SMP. Kevalidan stem soal berbasis multi representasi tergambar dari hasil penilaian validator, dimana setiap validator menyatakan sudah baik berdasarkan konten, konstruk dan bahasa. Kepraktisan stem soal berbasis multi representasi dilihat dari hasil pengamatan berdasarkan kemampuan siswa menyelesaikan soal yang diberikan, dimana sebagian besar siswa dapat menyelesaikan stem soal berbasis multi representasi yang diberikan.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Stem Soal Berbasis Multi Representasi

Abstract: The purpose of this research is to produce of question stem based multi representation valid and practical in sum and minus of integer in SMP. This research is a development research that adopted from Zulkardi development research (2006). The population of this study is all twelve grade students of SMP 3 Sukadana class VII students grade that has studied about sum and minus of integer. Samples are class VII B students, based on the suggestion and consideration of the teacher in SMP 3 Sukadana. The results are: produce question stem based multi representation that valid and practical on sum integer to students of class VII. Validity of question stem based multi representation is drawing from the result of validator value, which is each validator clarify was good based on the content, construct and language. Practicality of question stem based multi representation seen from the observation result based on students’ in solving the question given, that most of the students be able to solve question stem based multi representation given.

Keywords: Development Research, Question Stem Based Multi Representation


Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v5i3.14425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats