PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SDN 07 SUNGAI SOGA BENGKAYANG

Rusmiati F34209579, Tahmid Sabri, Witarsa .

Abstract


Abstrak: Penerapan Model Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas III SDN 07 Sungai Soga Bengkayang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah peningkatan belajar matematika dengan materi pokok pemecahan masalah yang berkaitan dengan uang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode diskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Terdiri dari dua siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun subyek ppenelitian ini adalah siswa kelas III SDN 07 Sungai Soga Kecamatan Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang. Terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Sumber data dari penelitian ini adalah observasi dan hasil tes tertulis. Tolak ukur keberhasilan adalah apabila hasil belajar siswa mampu mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu rata-rata 57. Hasil pelaksanaan pembelajaran tentang pemecahan masalah yang berkaitan dengan uang adalah pada siklus I hasil belajar siswa baru mencapai 45 dengan ketuntasan belajar 22,5 %. Sedangkan pada siklus II rata-rata siswa mencapai 77,45, ketuntasan belajar 70,5%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: Metode Demonstrasi, Aktivitas Siswa, Pembelajaran Matematika.

Abstract : Implementation of contextual teaching and learning to increase student activity in mathematics learning of third grader students in SDN 07 Sungai Soga Bengkayang. The purpose of this research is to know the ascend of mathematic study with point material resolving problem related to monetary. Research method used in here is description method with class action research. Consist of two cycle, cover planning, performing, action, observation, and reflection. The subject of this research are third grader students in SDN 07 Sungai Soga Beengkayang. Consist of 12 boys and 8 girls. Data source of this research are observation and examination result. The success of this research are when students can reach 57 average that is minimum rate criteria. Learning result about resolving problem related monetary are in cycle I student result reach only 45 average with study thoroughness 22,5 %. In cycle II student average reach 77,45 average, study thoroughness 70,5 %. From result of this research we can conclude that using contextual teaching and learning can ascend student study result.

Keyword : Demonstration method, student activity, mathematic learning

Full Text:

PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i3.1438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats