PENGGUNAAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD ZAT DI SMP

AYU PRATIWI, Haratua Tiur Maria S, Judyanto Sirait

Abstract


Abstrak:Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materiperubahan wujud zat melaluimodel pembelajaran problem based learning. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus di kelas VII.F SMP Negeri 23 Pontianak yang berjumlah33 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitiann ini adalah berupa tes hasil belajar siswa dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 11% dengan perolehan hasil belajar siswa siklus I sebesar 70% dan siklus II sebesar 81%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran perubahan wujud zat. Penerapan model pembelajaran ini sebaiknya dirancang dengan persiapan media belajar sebaikmungkin demi ketertarikan siswa terhadap materi yang dipelajari.

 

Kata Kunci :  Problem Based Learning, Perubahan Wujud Zat

Abstact :This classroom action research aims to improve students’ learning achievement  in phase transition through learning model problem based learning. The study is conducted by two cycles in the class VII.F SMP 23 Pontianak involving 33 students . The instruments used to collect data in this research aretest and observation sheets .The resultshows an increase in student learning achievement by 11 % with the acquisition of student learning outcomes by 70 % the first cycle and the second cycle by 81 % . Based on the result it can be concluded the problem -based learning can improve students’  learning in phase transition . To apply this model, should lesson plan with the best possible preparation of learning media for the sake of interest of students to the material being studied .
Keywords: Problem Based Learning , phase transition

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v5i3.14376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats