HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI DENGAN HASIL BELAJAR EKONOMI DI SMA NEGERI 1 DAN 2 KABUPATEN KUBURAYA

. Sunarti, Mashudi ., Endang Purwaningsih

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah (1). untuk mengetahui tingkat hubungan kecerdasan emosional dengan motivasi belajar (2) untuk mengetahui tingkat hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar (3) untuk mengetahui tingkat hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan bentuk penelitiann studi korelasi bertujuan mengungkap bentuk hubungan timbal balik antara variabel yang diselidiki. hasil penelitian menunjukkan hubungan kecerdasan dengan motivasi dengan nilai koefisien korelasi antara Kecerdasan Emosional dengan Motivasi Belajar sebesar 0,631 dengan nilai signifikansi 0,000 (nilai sig. < 0,05). Maka dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan yang Signifikan dan Kuat antara Kecerdasan Emosional dengan Motivasi Belajar. Kemudian nilai koefisien korelasi antara Kecerdasan Emosional dengan Hasil  Belajar sebesar 0,141 dan nilai signifikansi sebesar 0,272 (nilai sig. > 0,05) maka dapat dinyatakan bahwa hubungan Kecerdasan Emosional dengan Hasil  Belajar tidak signifikan dan berada pada katagori sangat rendah.

Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Motivasi belajar, dan Hasil Belajar

 

The purpose of this research is to (1) know the relationship of emosional intellegence with motivation of study (2) know the relationship of emosional intellegence with the results of studies on economic (3) ) know the relationship of motivation of stusy with the results of studies on economic. In this study is correlation studies research. The main purpose of correlations studies is find out the correlation of the interlationship between the variable was researched. The result showed has the relationship between intellegence with motivations of study which is the range of correlation coefficient is 0,631 to the significant 0,000 (<0,05). It can be stated has the significant relation to emotional intellegence and motivation of study. Then, the correlation coefficient between emotional intellegence and the results of studies is 0,141 and the value of significant 0,272 (>0,05)it means that the emotional intellegence with the results of studies is not significant and were categorized low.

 

Key word: Emotional Intellegence, Motivation study, and results of studies.


Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v5i3.14320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats