PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI LARI ESTAFET PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Adrya Buan, Yuline ., Sri Lestari

Abstract


Abstrak: Tujuan umum dalam penelitian ini adalah: Untuk Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Lari Estafet Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK.Negeri Pembina Ngabang Kabupaten Landak. Penelitian ini dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaran motorik kasar melalui lari estafet pada anak usia 5-6 tahun di TK.Negeri Pembina Ngabang Kabupaten Landak. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan 2 (dua) kali pertemuan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas terhadap 20 orang dengan prosedur penelitian terdiri dari: persiapan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motorik kasar melalui lari estafet pada anak usia 5-6 tahun di TK.Negeri Pembina Ngabang Kabupaten Landak. Persentase ketuntasan yang di tentukan peneliti adalah 100%. Hal ini dapat dibuktikan dari siklus pertama pertemuan 1 dan 2 anak belum memiliki kecepatan saat berlari dan anak belum memiliki kelincahan saat berlari, serta anak belum memiliki keseimbangan saat berlari, yakni dengan kategori cukup sedangkan pada siklus kedua pertemuan kedua semua anak tuntas dalam kecepatan saat berlari dan memiliki kelincahan saat berlari, serta anak memiliki keseimbangan saat berlari yakni dengan kategori baik.

 

Kata Kunci : Kemampuan Motorik Kasar, Lari Estafet

 

Abstract: The general objective of this research is: To Improve Motor Ability Through Rough Run Relay On Childhood 5-6 Years in Pembina TK.Negeri Ngabang Kabupaten Landak. This study was done to improve the process of learning gross motor via a relay in children aged 5-6 years in TK.Negeri Pembina Ngabang Kabupaten Landak. This classroom action research was conducted in two cycles. At each cycle conducted two (2) meetings. The method used is descriptive method with a form of action research on 20 people with the research procedure consisted of: preparation, execution, observation or observation, and reflection. The results showed that an increase in gross motor via a relay in children aged 5-6 years in TK.Negeri Pembina Ngabang Kabupaten Landak. The percentage of completeness is determined by researchers is 100%. This is evident from the first cycle of meetings 1 and 2 children do not have the speed when running and the children do not have the agility when running, and children do not have a balance while running, namely with enough categories while in the second cycle of the second meeting all the children thoroughly in speed when running and have the agility when running, and children have a balance when running the good category.

 

Keywords: Motor Ability Rough, Run Relay

Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v5i3.14315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats