PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 10 SUNGAI KERAN BENGKAYANG

Hazila F 34209564, Sugiyono ., Abdussamad .

Abstract


Abstrak: Penggunaan Media Gambar Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 10 Sungai Keran Bengkayang. Dari hasil observasi awal yang dilakukan pada kegiatan pembelajaran matematika di kelas V SDN 10 Sungai Keran Bengkayang, didapati kesulitan memahami luas bangun datar dan salah menentukan rumus. Salah satu caranya adalah dengan melaksanakan tindakan pembelajaran luas bangun datar melalui pendekatan dengan metode deskripsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Evaluasi pembelajaran luas bangun datar melalui metode deskripsi setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I tingkat keberhasilan yang dicapai 48,15%. Pada siklus II tingkat keberhasilan yang dicapai 77,78%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran luas bangun datar melalui metode deskripsi dapat meningkatkan hasil belajar luas bangun datar siswa kelas V SDN 10 Sungai Keran Bengkayang.

Kata Kunci : Penggunaan, media gambar, hasil belajar.

Abstract: The Using Draw Media To Improve The Result Learn The Student in Grade V of Elementary School 10 Sungai Keran Bengkayang. From observation result early at activity of mathematics study in grade V SDN 10 Sungai Keran Bengkayang, discovered the difficulty comprehend wide develop and wrong determine formula. One of its way by executing wide study action develop to level off approach with the method deskripsi. This research use the approach qualitative with the device of research of class action. This research device cover the planning, action execution, perception and refleksi. Evaluate the wide study develop to level off method deskripsi each cycle experience of improvement. At cycle I mount the reached efficacy 48,15%. At cycle II mount the reached efficacy 77,78%. This matter indicate that the wide study develop method deskripsi can improve the result learn wide develop off the student grade V of Elementary School 10 Sungai Keran Bengkayang.

Keyword : The using, draw media, result learn.


Full Text:

PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i3.1425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats