PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI METODE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH

Fadli Martin, Suryani ., Sukmawati .

Abstract


Abstrak: Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Bawari Pontianak menggunakan pembelajaran kooperatif metode Team Accelerated Istruction. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas dan bersifat kolaboratif. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik observasi langsung dengan alat pengumpul data yaitu lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menghitung rata-rata dengan persentase. Aktivitas yang diobservasi berupa aktivitas fisik, mental dan emosional. Aktivitas fisik dari siklus I sampai siklus II yaitu 45%, 62,5%. Aktivitas mental 33%, 61%. Aktivitas emosional 45%, 77%. Dengan demikian terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa pada tiap siklus.

 

Kata kunci: Aktivitas Belajar, Team Accelerated Instruction, Matematika

 

Abstract: Main purpose of this research is increasing mathematic student learning activity on fifth grade Madrasah Ibtidaiyah Swasta Bawari Pontianak with cooperatif learning method Team Accelerated Instruction. Method in use is descriptive method with the form of classroom action research and collaboratively. Data collection that we use is direct observation and the tools data collection is observation sheet. Technique data analysis that we use is account mean precentage. Activity observation which we observe are physical activity, mental activiy and emosional activiy. Physical activity from cycle I till cycle II that is 45%, 62,5%.  Mental activity from cycle I till cycle II that is 33%, 61%. Emosional activity from cycle I till cycle II that is 45%, 77%. So, that is increasing activity students learning on every cycle.

 

Keywords: Learning Activities, Team Accelerated Instruction, Mathematic

 


Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v5i3.14204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats