ANALISIS KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI BILANGAN PECAHAN DI KELAS VII SMP

Ety Kurniawan, Yulis Jamiah, Silvia Sayu

Abstract


Abstrak : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi bilangan pecahan di kelas VII SMP LKIA Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan bentuk penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian adalah 34 siswa. Berdasarkan hasil analisis data, dan pembahasan menunjukan bahwa pada umumnya siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal materi bilangan pecahan. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa adalah sebagai berikut : 1) kesalahan konsep meliputi salah dalam mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa, menyamakan penyebut menggunakan KPK, menjumlahkan pecahan berpenyebut sama, menjumlahkan pecahan berpenyebut tidak sama, mengurangkan pecahan berpenyebut sama, dan mengurangkan pecahan yang berpenyebut tidak sama; 2) kesalahan operasi meliputi salah dalam berhitung saat mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa,  menjumlahkan pembilang, mengurangkan pembilang, dan  menuliskan operasi.

Kata kunci : Analisis Kesalahan, Bilangan Pecahan

Abstract : The purpose of this research was to describe the students' mistakes in solving math fractions material to the seventh grade students of SMP LKIA Pontianak. The method of this research was descriptive with the form of case study. The subject of this research was 34 seventh grade students. Based on the data analysis and the discussion, it showed that generally many students did mistakes in solving the fractions material. The mistakes that had been done by the students were: 1) the misconceptions included wrongly converting from mixed numbers to improper fractions, equating the denominator using KPK, adding the fractions with the same denominator, adding the fractions with the different denominator, subtracting the fractions with the same denominator, and subtracting the fractions with the different denominator. 2) Operation errors included wrongly calculating in converting from mixed numbers to improper fractions, adding the numerator, subtracting the numerator, and writing the operation fractions.

Keywords: Error Analysis, Fractions


Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v5i3.14167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats