UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS MENGIRINGI LAGU PADA GITAR AKUSTIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DI SMK
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah meningkatan kreativitas siswa mengiringi lagu dengan teknik rhythm pada gitar akustik dengan model pembelajaran inkuiri di kelas XI-Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan yang di bantu oleh teman sejawat sebagai kolaborator. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI-Akuntanasi Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pontianak yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung, sedangkan alat pengumpul data adalah lembar observasi hasil siswa. Data yang dikumpulkan tersebut dianalisis dengan pemaparan secara deskriptif.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dan II siswa menemukan akor pokok, akor tambahan dan teknik rhythm.Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan pada tiap siklus I dan siklus II atau dapat dikatakan bahwa terjadi peningkatan dalam berkreativitas mengiringi lagu dengan pada gitar akustik dengan model pembelajaran inkuiri di kelas XI-Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Pontianak.
Kata Kunci: Kreativitas, Mengiringi Lagu, Teknik Rhythm, Model Inkuiri.
Abstract: The purpose of this research is improving the students' creativity to accompany the song with rhythm technique on acoustic guitar with a model of inquiry learning in class XI-Accounting SMK Muhammadiyah 2 Pontianak. The method used in this research is descriptive method of research is a form of action which was helped by colleagues as a collaborator. Research subjects are students of class XI-Akuntanasi School SMK Muhammadiyah 2 Pontianak, amounting to 22 people. Data collection techniques used in this study is the technique of direct observation, while the data collection tool is the observation sheet student outcomes. The data collected were analyzed with descriptive exposure. This research was conducted in two cycles. Cycle I and II students discover the basic chords, chords and techniques rhythm. Based on the results of each cycle there is an increase in the first and second cycle or it can be said that an increase in creativity accompany the song on acoustic guitar with a model of inquiry learning in class XI-Accounting SMK Muhammadiyah 2 Pontianak. Keywords : Creativity, Playing Songs, Rhythm Techniques, Inquiry Model.
Full Text:
UntitledDOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v5i3.14160
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .