PENGGUNAAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SEKOLAH DASAR NEGRI NO.09 LUBUK SABUK SEKAYAM SANGGAU

B Eko Kurniawan, Edy Yusmin, Hery Kresnadi

Abstract


Abstrak : penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan aktivitas fisik, mental dan emosional metode diskusi dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan diskusi.Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode diskusi dan dilakukan sebanyak 2 siklus (2 kali pertemuan). Dari hasil penelitian ditemukan bahwa adanya perubahan kemampuan dan hasil belajar siswa siklus I dan siklus II dan dapat memenuhi ketuntasan minum sekolah (65).Dari temuan di atas berdampak positif terhadap hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan yang cukup memuaskan dengan kata lain bahwa metode diskusi dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN No. 09 Lubuk Sabuk Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau dapat diterapkan oleh guru.Penelitian ini diharapkan bisa menjadi masukan sarana dan pertimbangan bagi setiap guru yang akan mengajar IPS pada siswa kelas V agar pembelajaran IPS yang disampaikan dapat meningkat dengan baik. Hal ini dapat di lihat dari kemampuan hasil belajar siswa.

Kata kunci : metode diskusi, aktivitas, pembelajaran IPS

Abstrac : The Study is entitled this study is to find out how to increase physical activity,mental and Emotional methods of Discussion in the social Sciences learning using.Research is action research using the method of discusion and do as much as 2 cycles ( 2 meetings ). From the research it was found that a change in students abilities and the first cycle and second cycle and can meet drinking completetenees scool (65).From the above findings have positive impact on student learning out comes has increased satisfactorily in orther words that the discussion method IPS learning in class V No.09 Lubuk Sabuk Districk Sekayam can be implemented by the Districk is expected to be teacher.the reaset input means and consideration for each teacher who will teach social studies in class V foe learning can be seen from the results of student learning abilities.

Keywords: method of discussion,aktivities,learning IPS


Full Text:

PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i3.1410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats