PENGARUH REMEDIASI BERBENTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP PENURUNAN MISKONSEPSI TEORI KINETIK GAS DI SMA
Abstract
Abstrak : Mengetahui pengaruh remediasi berbentuk peningkatan kemampuan verbal terhadap penurunan miskonsepsi yang dialami siswa pada teori kinetik gas menjadi tujuan dalam penelitian Pre-Experimental Design dengan rancangan One Group Pretest-Posttest ini. Dua variabel yaitu peningkatan kemampuan verbal dan penurunan miskonsepsi siswa diuji korelasinya. Tes diagnostik berbentuk uraian sebanyak enam soal pada pre-test dan post-test diberikan kepada dua puluh tiga siswa kelas XII SMA Negeri 1 Pontianak dalam penelitian ini. Ditemukan bahwa terdapat hubungan yang kecil antara kedua variabel dengan koefisien korelasi antara peningkatan kemampuan verbal dan penurunan miskonsepsi sebesar 0,296 dan memiliki Effect Size sebesar 0,015. Penelitian ini menunjukkan bahwa miskonsepsi yang dialami siswa dapat dipengaruhi oleh kemampuan verbal.
Kata kunci : Remediasi, Kemampuan Verbal, Teori Kinetik Gas.
Abstract : Determine the effect of remediation in the form of an increase in verbal ability to decrease students misconceptions on the kinetic theory of gases into was the objectives of this one group pretest-posttest Pre-Experimental Design research. Coeficient correlation of student’s verbal skills and student’s misconceptions were calculated. Diagnostic test which consists of six questions on the pre-test and post-test was administrated among 23 of 12th grade students senior secondary participated in this study. The results indicate that there is correlation between the two variables (r = 0.296) and has a low Effect Size (0.015). This study shows that misconception experienced by students can be influenced by verbal abilities of the students.
Keyword : Remediation, Verbal Ability, Kinetic Theory of Gases
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i2.13992
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats