UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN
Abstract
Abstrak: Perkembangan mengungkapkan bahasa anak usia 4-5 tahun yaitu menjawab pertanyaan yang lebih kompleks, menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama, berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal simbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi melalui metode bercerita pada anak usia 4-5 tahun di TK Al-Izzah Kabupaten Bengkayang. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif. Subjek penelitian yakni anak yang berjumlah 10 anak usia 4-5 tahun. Upaya meningkatkan kemampuan berkomunikasi melalui metode bercerita dapat diketegorikan berkembang sangat baik yakni: anak dapat mengulang kalimat sederhana, dan anak dapat mengutarakan pendapat kepada orang lain.
Kata Kunci: Berkomunikasi, Bercerita
Abstract: Language reveals development of children aged 4-5 years is to answer more complex questions, mentioning groups of images that have the same sound, communicate verbally, vocabulary, and recognize the symbols for the preparation of reading, writing and arithmetic. This study aims to improve the ability to communicate through storytelling in children aged 4-5 years in kindergarten Al-Izzah Bengkayang. Forms of this research is classroom action research with descriptive methods. The subject of research that children who were 10 children aged 4-5 years. Efforts to improve communication skills through storytelling can be developed very well diketegorikan namely : children can repeat a simple sentence, and children can express their opinions to others .
Keyword: Communication, StorytellingFull Text:
UntitledDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i2.13903
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats