PENGEMBANGAN HERBARIUM HASIL INVENTARISASI TUMBUHAN OBAT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SUBPOKOK BAHASAN ANGIOSPERMAE
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media herbarium hasil inventarisasi tumbuhan obat sebagai media pembelajaran pada subpokok bahasan Angiospermae. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengembangan media herbarium dilakukan dua tahap yaitu pembuatan 40 herbarium dari hasil inventarisi tumbuhan obat dan memvalidasi media tersebut sehingga layak menjadi media pembelajaran. Kelayakan media herbarium dinilai dari aspek format, isi, bahasa, dan kepraktisan, oleh 7 orang validator, melalui lembar validasi. Adapun hasil penilaian validasi dari 40 herbarium pada aspek format sebesar 3,5, aspek isi 3,63, aspek bahasa 3,69, dan aspek kepraktisan 3,63. Dapat disimpulkan herbarium hasil invetarisasi tumbuhan obat layak digunakan pada subpokok bahasan Angiospermae.
Kata kunci: herbarium, media pembelajaran,Angiospermae, dan tumbuhan obat
Abstract: This study aims to determine the feasibility of herbarium media from medicinal plants inventory as learning media in sub subject of Angiospermae. The method used in this study is the development of research. The development of herbarium media conducted in two stages of making 40 herbarium from the medicinal plants inventory results and validate the media so it become feasible to be a learning media. The feasibility of this herbarium media assessed from the format, content, language, and practicality aspects by 7 validators using the validation sheet. The results of validation assessment of the 40 herbarium on format aspect is 3.5, content aspect is 3.63, language aspect is 3.69, and practicality aspect is 3.63. It can be conluded that this herbarium from medicinal plants inventory results is feasible to be used in of sub subject Angiospermae.
Keywords: herbarium, learning media, Angiospermae, and medicinal plants
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i2.13684
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats