PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DI KELAS V
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi yang akurat tentang peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model kooperatif tipe student teams achievement divisions di kelas V SDN 19 Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Bentuk Penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Setting penelitian di kelas V SDN 19 Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V B yang berjumlah 22 peserta didik, menggunakan tiga siklus setiap siklus berisi satu kali pertemuan yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Aktivitas belajar peserta didik pada base line sebesar 28.18% mengalami peningkatan sebesar 8.18% menjadi 36.36% pada siklus I, pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 30.01% menjadi 66.37% dan pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 19.99% menjadi 86.36%. Sedangkan hasil belajar peserta didik pada base line sebesar 46.36 mengalami peningkatan sebesar 28.18 menjadi 74.54 pada siklus I, pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 10 menjadi 84.54 dan pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 6.37 menjadi 90.91. Dengan demikian model kooperatif tipe student teams achievement divisions ternyata dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci : Aktivitas, Hasil, IPS, Student Teams Achievement Divisions.
Abstract: This study aimed to obtain accurate information about the increase in student learning activities and outcomes in learning social studies using cooperative models student teams achievement divisions in class V SDN 19 Sungai Ambawang province Kalimantan Barat. The method used is descriptive method. The study forms were used that study to a Classrom Action Research. Setting research at class V SDN 19 Sungai Ambawang. The subjects were students V B classes totaling 22 students, using three cycles each cycle contains one meeting that consist of planning, implementation, observation and reflection. Student learning activities at baseline by 28.18% increased by 8.18% to 36.36%, on the second cycle increased by 30.01% to 66.37% and in the third cycle increased by 19.99% to 86.36%. Whereas Student learning outcomes at base line by 46.36 increased by 28.18 to 74.54, on the second cycle increased by 10 to 84.54 and in the third cycle increased by 6.37 to 90.91. Thus cooperative learning type student teams achievement divisions it can increase student learning activities and outcomes.Keywords : Activities, Outcomes, IPS, Student Teams Achievement Divisions
Full Text:
UntitledDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i1.13517
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats