PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BATANG CUISENAIRE DI KELAS IV
Abstract
Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi yang akurat tentang peningkatan hasilbelajar siswa dengan menggunakan media batang cuisenaire pada pembelajaran matematika di kelas IV SDN 35 Pontianak Utara Provinsi Kalimantan Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Bentuk Penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Setting penelitian di kelas IV SDN 35 Pontianak Utara. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa, menggunakan dua siklus setiap satu siklus berisi dua kali pertemuan yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil belajar siswa dalam melaksanakan pembelajaran matematika pada siklus I pertemuan I dengan rata-rata skor yang diperoleh adalah 65,50 dan pada siklus I pertemuan II dengan rata-rata skor yang diperoleh adalah 72,83. Pada siklus II pertemuan I dengan rata-rata skor yang diperoleh adalah 80,33 dan pada siklus II pertemuan II dengan rata-rata skor yang diperoleh adalah 87,83. Ini berarti mengalami peningkatan pada siklus 1 sebesar 7,33 dan pada siklus II sebesar 7,50.
Kata Kunci : Peningkatan, Hasil, Matematika, Cuisenaire.
Abstract: This study aimed to obtain accurate information about the increase hasilbelajar students using Cuisenaire rods media in the learning of mathematics in grade IV SDN 35 North Pontianak in West Kalimantan. The method used is descriptive method. Research form used is a Class Action Research. Setting research in class IV SDN 35 North Pontianak. The subjects were students of class IV totaling 30 students, using two cycles of one cycle each containing two meetings that consist of planning, implementation, observation and reflection. Student learning outcomes in implementing the learning of mathematics in the first cycle of the first meeting with the average score obtained was 65.50 and in the first cycle II meeting with the average score obtained is 72.83. In the second cycle the first meeting with the average score obtained is 80.33 and the second cycle II meeting with the average score obtained is 87.83. This means an increase in cycle 1 of 7.33 and the second cycle of 7.50.
Keywords: Improvement, results, Mathematics, Cuisenaire
Full Text:
UntitledDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i1.13516
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats