PENGEMBANGAN STRATEGI INKUIRI UNTUK KECAKAPAN MERUMUSKAN DAN MENGGUNAKAN KONSEP GETARAN MELALUI MULTIMEDIA DI SMP
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk untuk membuat desain pembelajaran, mendeskripsikan langkah-langkah strategi inkuiri, mendeskripsikan storyboard multimedia pembelajaran serta mengetahui kecakapan merumuskan dan menggunakan konsep getaran pebelajar dengan pengembangan strategi inkuiri melalui multimedia pembelajaran IPA di kelas VIII SMP Negeri 20 Singkawang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan produk. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis deskriptif model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia yang digunakan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Penilaian rata-rata dari uji coba keseluruhan adalah sebesar 94% dengan kategori sangat baik. Adapun hasil yang diperoleh pebelajar menunjukkan tercapainya kecakapan merumuskan dan menggunakan konsep getaran dengan nilai rata-rata sebesar 87,14 di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) 73.
Kata Kunci : Strategi Inkuiri. Kecakapan Merumuskan dan Menggunakan Konsep, Getaran, Multimedia
Abstract : The purpose of this study was to create a design study, describe the steps strategy of inquiry, describing multimedia storyboard learning and knowing the skills to formulate and use the concept of vibration learners with the development strategy of inquiry through multimedia science teaching in class VIII SMP Negeri 20 Singkawang. This research is the development of a product. Data were obtained through interviews, observation and documentation. Data analysis using descriptive analysis techniques interactive model of Miles & Huberman. The results showed that the use of multimedia fit for use as a medium of learning. The average valuation of the trial is overall of 94% with a very good category. The results obtained demonstrate the achievement of learners skills to formulate and use the concept of vibration with an average of 87.14 over the minimum completeness criteria (KKM) 73.
Keywords: Strategy Inquiry, Skills Formulating and Using Concepts, Vibration, Multimedia
Full Text:
UntitledDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i1.13449
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats