PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF DI KELAS IV

Moch Latief. Ma, Sugiyono ., Endang Uliyanti

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan metode kooperatif kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Sungai Kunyit. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil pelaksanaan tindakan pembelajaran penyelesaian soal dengan menggunakan metode kooperatif sehingga pada setiap siklus selalu mengalami peningkatan yaitu Hasil yang diperoleh pada siklus I yaitu dengan nilai rata-rata 67,39 meningkat menjadi 79,13 pada siklus II, terdapat selisih nilai 11,74. Dengan demikian bahwa perbaikan pembelajaran matematika tentang operasi hitung bilangan dapat dilakukan oleh guru dengan menggunakan metode kooperatif memiliki dampak positif dan dikategorikan baik sekali.

 

Kata Kunci : hasil belajar, Metode Kooperatif.

 

Abstract : this Research have go to to to level it result study student in mathematics studying with to use it class cooperative method IV Elementary school Country 01 Turmeric River. this research Method to use it descriptive with form class action research. this Research is done 2 cycle that consist from planning, execution, observation, and . the Result of studying action-execution matter solution with to use it cooperative method until to every cycle always to undergo leveling that is the Result that be obtained to cycle I that is with value average 67,39 to level become 79,13 to cycle II, got value difference 11,74. With such that mathematics studying repairing about operation count saying can be done by teacher with to use it cooperative method to own positive impact and to be categorized very good.

Keywords :  studying result , Cooperative Method.


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i1.13141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JPPK:  Journal of Equatorial Education and Learning

indexed by:

          

              


Journal of Equatorial Education and Learning  published by

[Teaching and Education
, Tanjungpura University
, Pontianak, West Kalimantan, Indonesia.

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed  under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons