ANALISIS MOBILITAS SOSIAL VERTIKAL PETANI JERUK KE PETANI SAWIT DI DESA SEMPARUK KABUPATEN SAMBAS

John Rahmat, Sulistyarini ., Parijo .

Abstract


Abstrak : tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi, bentuk, dan dampak dari mobilitas sosial vertikal yang dilakukan oleh petani jeruk ke petani sawit di Desa Semparuk Kabupaten Sambas. pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini disajikan secara deskriftif kualitatif dengan mengunakan informan sebanyak 6 orang yang terdapat pada 4 Dusun yang ada di Desa Semparuk yaitu Dusun Semparuk Kuala 2 orang, Dusun Semparuk Lorong 2 orang, Dusun Semparuk Sutra 1 orang dan Dusun Semparuk Sebangkau 1 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang mempengaruhi mobilitas sosial yaitu struktural (adanya peluang), individu, kerja sama, keadaan ekonomi, keingin melihat daerah lain dan tanaman pada jeruk yang mudah terserang hama.

Kata Kunci : Mobilitas Sosial Vertikal dan Petani Jeruk ke Petani Sawit.

Abstract : This research aims to determine the factors that influence, shape, and the impact of vertical social mobility  undertaken by citrus growers to oil palm farmers in Sambas Regency Village Semparuk. the approach used is a qualitative approach with descriptive methods. Data collection techniques used are observation, interview, and documentation. The analysis in this study are presented in descriptive qualitative by using informant as much as 6 people found in 4 Hamlet in the village of Dusun Semparuk Semparuk Kuala 2 people, Dusun Semparuk Lorong 2 people, Dusun Semparuk sutra 1 people dan Dusun Semparuk Sebangkau 1 people. The results showed that the factors affecting social mobility that is structural (opportunities), individual, partnership, economic circumstances, a desire to see other areas and on citrus plants susceptible to pests.

Keywords: Vertical Social Mobility and Orange to Smallholders Farmers.


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i1.13128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats