PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI SEKOLAH DASAR

Lusia Neneng, Maridjo A. Hajsmy, Rosnita .

Abstract


Abstrak : Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana peningkatan aktivitas pembelajaran IPA di kelas IV SDN 06  Simpang Dua Ketapang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 06 Simpang Dua Ketapang .    Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif.. Subyeknya guru dan 20 orang murid kelas IV SDN 06  Simpang Dua Ketapang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pelaksanaan adalah teknik observasi langsung dengan alat pedoman observasi dan teknik analisi data. Hasil penelitian ini secara umum menunjukkan bahwa Aktivitas belajar murid dalam pembelajaran IPA pada materi rantai adalah dari  aktivitas fisik murid pada tahap awal penelitian adalah sebagai berikut untuk aktivitas fisik porsentasenya adalah sebesar  27,5%, pada siklus 1 aktivitas fisik sebesar 37,5%, pada siklus 2 sebesar 52,5% dan pada siklus ke III sebesar 80%.. Aktivitas mental murid pada tahap awal penelitian adalah sebesar  17,5%, pada siklus 1 sebesar 27,5%, pada siklus 2 l sebesar 42,5% dan pada siklus ke III sebesar 57,5%. Aktivitas emosional murid pada tahap awal penelitian adalah sebesar 40%, pada siklus 1 sebesar 50%, pada siklus 2 sebesar 60% dan pada siklus ke III sebesar emosional 75%.

Kata Kunci : Peningkatan Aktivitas, Pembelajaran IPA, Metode Demontrasi

Abstract: The problems of this research is "How can an increase in the activity of learning science in grade IV SDN 06 Simpang Dua Ketapang. The purpose of this research is to improve the activity of the fourth grade students of State Elementary School 06 Simpang Dua Ketapang.   The method used in this research is descriptive method .. The subject teachers and 20 students of grade IV SDN 06 Simpang Dua Ketapang. Data collection techniques used in the implementation is the technique of direct observation by means of observation and data analysis techniques.               Results of this research generally shows that the students' learning activities in science learning in the chain is the material of physical activity students in the early stages of research are as follows for physical activity porsentasenya amounted to 27.5%, in the first cycle of physical activity amounted to 37.5%, in cycle 2 by 52.5% and in the third cycle is 80% .. Mental activity students at an early stage of research is at 17.5%, in the first cycle was 27.5% in cycle 2 l of 42.5% and on the third cycle of 57.5%. Emotional activity in the early stages of research students is 40%, in the first cycle by 50%, in the second cycle by 60% and in the third cycle of emotional 75%.Keywords: Increased Activity, Learning science, Method Demonstration

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i12.13018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats