MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE SAS PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR

. Tobing, Siti Halidjah, K. Y. Margiat .

Abstract


Abstrak: Masalah umum penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan membaca permulaan dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan Menggunakan metode SAS di kelas I SDN 08 Padang Pio Kecamatan Banyuke Hulu Kabupaten Landak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung,  Alat pengumpulan data yang digunaka yaitu lembar observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan  siswa kelas I yang berjumlah 9 orang. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus dengan hasil penelitian yang diperoleh mulai dari Pra siklus sampai siklus II secara berturut-turut yaitu persentase ketuntasan hasil belajar 44,44%, 55,55% dan 67,78%. Dari data hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan metode SAS dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN 08 Padang Pio Kecamatan Banyuke Hulu Kabupaten Landak.

 

Kata Kunci: Metode SAS, Membaca Permulaan

Abstract: The problem in this research is to effort the read beginning in studying Indonesian Language with using SAS method in class I SDN 08 Padang Pio  Kecamatan Banyuke Hulu Kabupaten Landak. Method that using in this research is description method with near description. Technique of  data gatherer  in this research is direct observation, instrument of  data gatherer  that is sheet observation. Subject in this research is teacher Indonesian language and student class I that amount 9 people. This research valid in effect during 2 cycle with the output percentage of the  study completeness 44,44%, 55,55% and 67,78%. From the data of this research be able to knot that using SAS method can to effort read beginning ability student class I SDN 08 Padang Pio

 

Keywords: SAS Method, Read Beginning


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i12.12973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats