PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN METODE KERJA KELOMPOK DI SEKOLAH DASAR

Ridawati ., Mastar Asran, Hery Kresnadi

Abstract


Abstrak : Tujuan penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kekurangan pada guru dan nilai hasil belajar siswa dengan menggunakan media yang ada pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam.penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan metodepenelitian deskriptif yang bersifat kolaboratif. Data yang dikumpulkan berupa data skopr kemamapuan guru merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan nilai hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi langsung  dan teknik pengukuran. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar obsevasi dan tes tertulis. Hasil penelitian ini berupa skor kemampuan guru merencanakan pembelajaran pada siklus I adalah 3,2. Pada siklus II adalah 3,52. Dan nilai rata-rata belajar siswa pada kondosi awal 55,38, siklus I adalah 65,38,pada siklus II adalah 73,07. Hal ini membuktikan bahwa materi makhlukhidup dan proses kehidupan dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengerjakan soal tentang makhluk hidup.

Kata Kunci : Pembelajaran IPA, Kerja Kelompok

 

Abstract: The purpose of this study aims to correct deficiencies in the value of teachers and student learning outcomes by using existing media in the learning of science alam.penelitian this is classroom action research using descriptive metodepenelitian collaborative. Data collected in the form of data skopr kemamapuan teachers plan learning, implementing the learning, and the value of student learning outcomes. Data collection techniques is the technique of direct observation and measurement techniques. Data collection tool that is used is the observation sheet and a written test. Results of this research is the ability of teachers plan learning scores in the first cycle is 3.2. In the second cycle is 3.52. And the average value of student learning in the early kondosi 55.38, the first cycle was 65.38, the second cycle was 73.07. This proves that makhlukhidup materials and processes of life can improve the ability of students to work on the problems of living beings.

Keywords: Learning science, the Working Group


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i12.12955

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats