PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI SEKOLAH DASAR

Firdaus Refen, Endang Uliyanti, Syamsiati .

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan media gambar  melalui metode pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 11 Saparan. Metode yang digunakan adalah deskrif dengan bentuk penelitian tindakan kelas dan bersifat kolaboratif. Penelitian berlangsung di Sekolah Dasar Negeri 11 Saparan Kecamatan Jagoi Babang Kabupateng Bengkayang, khususnya di kelas IV yang berjumlah 21 orang.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung dengan pengumpul data yaitu lembar jawaban. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menghitung rata- rata persiklus.Berdasarkan hasil penelitian dari hasil siklus 1 dan 2 di Sekolah Dasar Negeri 11 Saparan Kecamatan Jagoi Babang Kecamatan Bengkayang menunjukan hasil yang sangat dratis pada siklus 1 hanya 28,6 siswa yang tuntas sedangkan pada siklus yang ke 2 siswa mencapai 100% tuntas padahal pelajaran yang sama tetapi terik pembelajaran yang ditingkatkan dengan hasil yang sangat baik maka siklus dapat dihentikan.

Kata kunci: Media gamabar, Hasil Belajar siswa, IPS

Abstract: This research aims to improve student learning outcomes through the use of media images teaching methods Social Sciences at State Elementary School Fourth Grade 11 Saparan. The method used is deskrif the form of action research and collaborative. The research took place at State Elementary School 11 Saparan District of Jagoi Babang Kabupateng Bengkayang, especially in the fourth grade, which has 21 orang.Teknik data collection techniques used are direct observation with a data collector that is the answer sheet. The data analysis technique used is to calculate the average persiklus.Berdasarkan research results from the cycle 1 and 2 at the State Elementary School 11 Saparan District of Jagoi Babang District of Bengkayang showed a very drastic results in cycle 1 only 28.6 students who completed while on cycle to 2 students achieve 100% complete when the same lesson but learning blistering enhanced with excellent results, the cycle can be stopped.

Keywords : Media gamabar , student learning outcomes , IPS

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i12.12937

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats