PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI SEKOLAH DASAR

. Norjeni, Siti Halidjah, Hery Kresnadi

Abstract


Abstrak: Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan proses belajar siswa menggunakan media gambar dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam kelas II SDN Nanga Menterap. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif, pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas 2 siklus, tiap siklus meliputi, perencanaan, pelaksanaan tindakan,obsevasi,dan,refleksi. Hasil penelitian yang dapat peneliti sajikan adalah sebagai berikut: pada siklus I hasil belajar siswa mencapai 61,25. Sedangkan pada siklus II, nilai rata –rata siswa  mencapai78,75.  Subjek penelitian yaitu murid kelas II SDN 04 Nanga Menterap yang berjumlah 18 orang dan guru kelas II Sekolah Dasar Negeri 04 Nanga Menterap. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi langsung, alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi. Dari hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa, menggunakan media Gambar dapat ditingkatkan. Saran yang diberikan adalah guru menggunakan jenis-jenis tumbuhan dan hewan menggunakan media gambar.

Kata Kunci: Media Gambar, Hasil Belajar Siswa

Abstrak: Research aims to describe the increase in student learning using images media in sains class II SDN Nanga Menterap.the research uses descriptive method,qualitative and quantitative approache to the two cycles,eachcycle includes,planning,action observation, and reflection. The research results can serve researchers are as ensuing:in the first cycle of student learning out comes reached 61,25. While in the second cycle the average value of students reaching 78,75. Reseach subjects are students of SDN 04 class II Nanga Menterap. Data collection tecnigues are direct observation technigues, data colletion tools used were observation sheet. Research and discussion of the results of the study it was concluded that sains students using media images can be enhanced. The advice given is to use these kinds of plants and animals using media images.

Keywords : Images Media, Students Learned Result


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i12.12923

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats