PENDESKRIPSIAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL SISWA MENYELESAIKAN SOAL-SOAL OPERASI MATRIKS KELAS X SMKN 3 PONTIANAK
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konseptual siswa ditinjau dari tingkat kemampuan dasar siswa pada materi matriks. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif dengan bentuk penelitian studi kasus. Subjek penelitian tediri dari 32 siswa kelas X Akutansi 4 SMKN 3 Pontianak. Data hasi penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konseptual siswa tergolong rendah berdasarkan tiga indikator pemahaman konseptual yang digunakan. Siswa dengan tingkat kemampuan dasar tinggi hanya menguasai dua indikator, yaitu mampu mengklasifikasikan objek dalam operasi matriks menurut sifatnya dan mampu memberikan contoh dan bukan contoh dari konsep. Siswa dengan tingkat kemampuan dasar sedang menguasai satu indikator, yaitu mampu memberikan contoh dan bukan contoh dari konsep. Siswa dengan tingkat kemampuan dasar rendah tidak menguasai tiga indikator yang digunakan, yaitu tidak mampu menyatakan ulang sebuah konsep, tidak mampu mengklasifikasikan objek dalam operasi matriks menurut sifat-sifat tertentu, dan tidak mampu memberikan contoh dan bukan contoh.
Kata kunci: Pemahaman Konseptual, Tingkat Kemampuan Dasar
Abstrak: The purpose of this research is to identify the students’ conceptual understanding that are reviewed from the students’ basic competency levels of the subject of matrix. The method that is used in this research is descriptive method in case study research’s mode. The Research subject consists of 32 students of “Kelas X Akutansi 4 SMK Negeri 3 Pontianak”. The data research result shows that students’ conceptual understanding are low because of based on three indicators of conceptual understanding that are used. The students’ with high basic competency levels only master two indicators, such as, enable to classify the object in matrix operation according to its feature, enable to give the examples, and not example of the concept. The students’ with intermediate basic competency levels only master one indicators, such as, enable to give the examples, and not example of the concept. The students with low basic competency levels do not master three indicators that are used, such as, unable to re-explain a concept, unable to classify the object in the matrix operation according to specific features, and unable to give the example and not example.
Keyword: conceptual understanding, basic competency level
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v4i12.12900
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .