PENGARUH PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV
Abstract
Abstrak: Penelitain ini bertujuan untuk mengetahuai pengaruh pendekatan sains teknologi masyarakat terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 35 Pontiank Selatan Provinsi Kalimantan Barat. Metode yang digunakan adalah eksperimen, bentuk penelitian pre-experimental desing dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah one –grop pretest dan posttest. Sampel penelitian ini adalah 37 siswa. Dari hasil analisis data pretest dan posttest di dapat nilai signifikasi 0,00 < 0,05 maka terdapat pengaruh hasil belajar siswa. Dari perhitugan effect size (ES), diperoleh 1.65 (tinggi). Hal ini berarti pendekata sains teknologi masyarakat memberikan pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa di kelas IV SD Negeri 35 Pontianak Selatan.
Kata kunci : Pengaruh, Pendekatan STM, Hasil Belajar
Abstract: Of the research aims to determine the effect of technological science community approach to student learning outcomes in study Natural Sciences at the State Elementary School fourth grade 35 South Pontianak in West Borneo. The method used is experiment with pre-experimental research design used is one -grop pretest and posttest. The sample was 37 students. Data analysis can pretest and posttest in the value of significance 0.00 <0.05 then there is the influence of student learning outcomes. From a calculated effect size (ES), gained 1.65 (high). This means that approach science community technology provide a high impact on learning outcomes of Natural Sciences students in the fourth grade Elementary School 35 South Pontianak.
Keywords : Influence, STM Approach, Learning Outcomes
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i12.12822
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats