PENGGUNAAN METODE KERJA KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada perkembangbiakan tumbuhan secara generatif di kelas VI SD NEGERI 11 Nanga Kerabat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan bentuk penelitian adalah PTK. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas VI SD NEGERI 11 Nanga Kerabat yang berjumlah 18 orang. Teknik pengumpulan data adalah teknik langsung dan alat pengumpul data yaitu lembar observasi, (IPKG I & IPKG II) dan hasil belajar siswa. Data tersebut dianalisis dengan perhitungan rata-rata. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 60 dan pada siklus II nilai rata-rata 76,11 dengan peningkatan 16,11. Pencapaian KKM yaitu 60 pada siklus I siswa yang tuntas 11 orang atau 61,16% dan pada siklus II sebanyak 17 orang atau 94,5% dengan peningkatan 33%. Dengan menggunakan metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD NEGERI 11 Nanga Kerabat.
Kata Kunci : Hasil Belajar, IPA, Kerja Kelompok
Abstract : This study aimed to describe improving student learning outcomes in breeding plants generative in sixth grade STATE 11 Nanga Relatives . This research uses descriptive method and form of research is the PTK . Research subjects that teachers and six graders STATE 11 Nanga Relatives totaling 18 people . Data collection techniques are directly techniques and data collection tool that observation sheets , ( IPKG IPKG I & II ) and student learning outcomes . Data were analyzed by calculating the average. Student learning outcomes in the first cycle obtained an average value of 60 and the second cycle of the average value of 76.11 with an increase 16.11 . Achievement of KKM is 60 in the first cycle of students who completed 11 or 61.16 % and the second cycle as many as 17 people or 94.5 % with an increase of 33% . By using the method of group work can improve learning outcomes six graders STATE 11 Nanga Relatives .
Keywords: Results Of The Study,
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i12.12724
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats