AKTIVITAS BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR

Nur Asyuraini, Marzuki ., Kaswari .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Kooperatif STAD pada pembelajaran Metematika di kelas VI Sekolah Dasar Negeri 24 Sungai Raya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dan bersifat kolaboratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung. Penelitian ini dilaksanakan selama III siklus.  Hasil penelitian berupa skor rata-rata aktivitas fisik, aktivitas mental dan aktivitas emosional dari peserta didik. Hasil skor rata-rata aktivitas fisik peserta didik secara berurutan untuk siklus 1, 2 dan 3 adalah 59,37%, 52,08% dan 61,45 %.  Hasil skor rata-rata aktivitas mental peserta didik secara berurutan untuk siklus 1, 2 dan 3 adalah 69,79%, 58,33% dan 73,67%.  Hasil skor rata-rata aktivitas emosional peserta didik secara berurutan untuk siklus 1, 2 dan 3 adalah 80,20%, 78,12% dan 83,33%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan adanya peningkatan aktivitas belajar pada setiap siklus.

Kata Kunci : Tipe STAD, Pembelajaran Matematika

Abstract: This study aimed to describe the learning activities of students using cooperative learning model STAD on mathematical learning in class VI State Elementary School 24 Sungai Raya.The method used is descriptive method. The research is classroom action research and had collaborative model. Data collection techniques used are direct observation techniques. The research was conducted for three cycles. The result of this research are average score of physical activity, mental activity and emotional activity of student. The result of average score of physical activity of students for cycle 1, 2 and 3 respectively are 59.37%, 52.08% 61.45%. The result of average score of mental activity of students for cycle 1, 2 and 3 respectively are 69.79%, 58.33% and 73.67%. The result of average score of emotional activity of student for cycle 1, 2 and 3 respectively are 80.20%, 78.12% and 83.33%. From the result can be concluded that there is an increasing of activity of learning in each cycle.

 

Keywords: Type STAD, Learning Mathematic



Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i12.12647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats