PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak : Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran,bagaimana kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran,peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN 07 Landau Leban. Metode yang dipilih yaitu metode diskriptif.Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dilakukan dengan penerapan model pembelajaran dengan menggunakan metode Eksperimen melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Siklus I dan Siklus II. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 07 Landau Leban, dengan menggunakan metode Eksperimen pada pembelajaran IPA diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 07 Landau leban. Terjadi peningkatan dari siklus I hasil belajar rata-rata mencapai 61,36%. Sedangkan pada siklus II hasil belajar naik menjadi 85,90%. Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II ialah 24.54%. Dari pelaksanaan PTK siklus I dan silklus II di peroleh bahwa pembelajaran dengan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 07 Landau Leban Tahun Ajaran 2015/2016.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Eksperimen, IPA
Abstrak : The purpose of this research is to know the teacher’s skill in lerning design, how about teacher’s skill know in learning, improve student’s learning result at grade IV SDN 07 Landau Leban. The methode of this research is descriptive. The research user experimen method with classroom action research, in science learning. The researcher wishes that this method will improve student’s learning result at fourth grade SDN 07 Landau Leban. The is improvement from the first cycle everage being 61, 36%, while the second cycle the everage increase to 85, 90%. The learning improvement from the first cycle to the second cycle is 24,54%. From this research, the research can conchide that learning use experimen method can increase student’s learning result at fourth grade SDN 07 Landau Leban on academic year 2015/2016.
Key word: result, experimen method, science learning.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i11.12440
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats