PENGARUH PENDEKATAN KONTESKTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD
Abstract
Abstrak: Tujuan dalam penelitian ini adalah “Untuk menganalisis pengaruh Pendekatan Kontekstual terhadap pemahaman konsep Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas IV SD Negeri 32 Pontianak Tenggara”. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah One Group Pre-test and Post-test Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IVA berjumlah 31 orang. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh rata-rata pre-test sebesar 41,92 dan setelah diberikan perlakuan terdapat peningkatan rata-rata post-test menjadi 61,94. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Pendekatan Kontesktual terhadap pemahaman konsep pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV. Berdasarkan perhitungan effect size (ES) diperoleh ES sebesar 1,923 (kategori tinggi), hal ini berarti penggunaan Pendekatan Kontekstual pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam memberikan pengaruh dengan kategori tinggi terhadap pemahaman konsep siswa di kelas IV SDN 32 Pontianak Tenggara.
Kata kunci: Pendekatan Kontekstual, Pemahaman Konsep
Abstract: The purpose in this study was "To analyze the effect of contextual approach to understanding the concept of Natural Sciences in Class IV Elementary School 32 Southeast Pontianak". The method used is the Pre-Experimental Design research design used is One Group Pre-test and Post-test Design . The sample of this research is class IVA amounted to 31 people. Based on the analysis of data, obtained an average of 41.92 pretest and after the treatment given there is an increase in the average post-test be 61.94. From these data it can be concluded that there are significant use contextual approach to understanding the concept of the Learning of Natural Sciences in class IV. Based on the calculation of effect size (ES) ES obtained for 1,923 (high category), this means the use of Contextual Approach to the Study of Natural Science to give effect to the higher category of the understanding of the concept of fourth grade students at SDN 32 Southeast Pontianak.
Keywords : Contextual Approach, Understanding Concepts.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i11.12414
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats