ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI

Agi Januarti, Imran ., Supriadi .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui kesulitan belajar siswa kelas XI IPS 1 pada mata pelajaran sosiologi dilihat dari faktor internal, faktor eksternal dan upaya guru mengatasi masalah kesulitan belajar. Pendekatan yang digunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan 6 orang informan. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan belajar siswa dari faktor internal dari hasil observasi dan wawancara kepada siswa diketahui bahwa siswa menunjukkan adanya faktor penyebab kesulitan belajar yang berasal dari dalam diri mereka, seperti memiliki sikap belajar, motivasi, berkonsentrasi yang kurang baik. Kurang mampu menunjukkan prestasi belajar, kurang percaya diri dan kebiasaan belajar yang buruk. Dari faktor eksternal, lingkungan keluarga dan sekolah, kurangnya pengawasan dan perhatian orang tua serta kurangnya ketersediaan sarana prasarana pendukung dalam proses pembelajaran menyebabkan anak menjadi kesulitan belajar. Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar sudah menunjukkan adanya hasil. Terlihat dari nilai yang diperoleh siswa setelah guru melakukan tahap treatment yang sudah bisa mencapai nilai ketuntasan minimal (KKM).

 

Kata Kunci : Faktor Penyebab, Kesulitan Belajar Siswa

Abstract: This research goals to know the students' learning difficulties in class XI IPS 1 on subjects sociology seen from internal factors, external factors and the efforts of teachers to overcome the problem of learning difficulties. The approach used qualitative approach with descriptive methods. This study uses 6 informants. The results showed students' learning difficulties from internal factors of observations and interviews to students note that the students showed the causes of learning difficulties that come from within them, such as having an attitude of learning, motivation, concentrating poor. Less able to demonstrate learning achievement, lack of confidence and poor study habits. Of external factors, family and school environment, lack of supervision and attention from their parents as well as the lack of availability of supporting infrastructure in the learning process causing the child into learning difficulties. The efforts of teachers in overcoming learning difficulties already showed results. Seen from the value obtained by the students after the teacher did stage treatment can reach values ​​minimum completeness (KKM).

 

Keywords: The Causes , Students’ Difficulties of studying


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723