PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA MELALUI MODEL ROLE PLAYING DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA

Arbain Muhana, M Chiar, M Nasrun

Abstract


Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran pada Siswa Tunagrahita Sekolah Dasar Luar Biasa Bagian C Dharma Miranti Singkawang. Pada umumnya siswa mengalami kesulitan mengungkapkan sesuatu secara lisan, oleh karena itu siswa dilibatkan langsung dalam pembelajaran melalui model role playing. Dengan role playing siswa dibantu oleh guru untuk memperagakan apa yang sedang dibicarakan sehingga membantu siswa untuk memehami isi pembicaraan dan melatih siswa untuk dapat mengungkapkannya kembali.

Kata Kunci: kemampuan berbicara, model role playing

Abstrak: The purpose of this action research is to improve the learning quality for mental disability students (tunagrahita) in Sekolah Dasar Luar Biasa Part C Dharma Miranti Singkawang. In general, the students have difficulties in expressing something orally, so that they need to be involved directly in the process of learning through role playing model. By applying a role playing activity, the students were assisted by teacher to act out what they are discussing about. Eventually it helped the students to comprehend the topic discussed and trained them to express it orally.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran pada Siswa Tunagrahita Sekolah Dasar Luar Biasa Bagian C Dharma Miranti Singkawang. Pada umumnya siswa mengalami kesulitan mengungkapkan sesuatu secara lisan, oleh karena itu siswa dilibatkan langsung dalam pembelajaran melalui model role playing. Dengan role playing siswa dibantu oleh guru untuk memperagakan apa yang sedang dibicarakan sehingga membantu siswa untuk memehami isi pembicaraan dan melatih siswa untuk dapat mengungkapkannya kembali.

Key word: speaking ability, role playing

Full Text:

PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i3.1239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats