KERJA LABORATORIUM MELALUI PHET UNTUK MEREMEDIASI MISKONSEPSI SISWA SMP PADA MATERI HUKUM ARCHIMEDES
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kerja laboratorium melalui PhET pada perubahan jumlah miskonsepsi siswa tentang hukum Archimedes siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-experimental dengan rancangan One Group Pretest-Postest yang melibatkan 31 siswa sebagai sampel yang dipilih menggunakan teknik intact group. Hasil penelitian menunjukkan kerja laboratorium melalui PhETberpengaruh signifikanterhadap jumlah miskonsepsi siswa pada materi hokum Archimedes, dengan %. Selanjutnya, diperoleh rata-rata persentase profil miskonsepsi siswa pada pre-test dan post-test masing-masing sebesar 66% dan 12%, dengan persentase penurunan jumlah miskonsepsi setiap konsep dan setiap siswa masing-masing sebesar 80% dan 83%. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai alternatif kegiatan remediasi bagi siswa agar dapat mengatasi miskonsepsi yang dialami oleh siswa.
Kata kunci: Kerja Laboratorium, PhET, Remediasi, Hukum Archimedes
Abstract: The purpose of this research wasto investigate the influence of remediation activity through few Lab work with PhET on students misconceptions about Archimedes’s Law . The research method used wasPre-Experimental with One Group Pretest-Posttest Design that involved 31 students as sample selected by intact group. The results shows that remediationLab work with PhET have a significant effecton reduction the number of students’ misconceptionabout Archimedes’s law,with ; 5%. Furthermore,the average percentage of students’ misconception profile in pre-test and post-testrespectively by 66% and 12%,withpercentage of reduction in the misconception for all concept and all studentsrespectively by 80% and 83%. It is sugested for further study to conduct an alternative remediation activity in order to improve these results.
Keywords: Lab Work, PhET, Remediation, Archimedes’s Law
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i11.12317
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats