PENGGUNAAN METODE ONKUIRI PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 04 NANGA SUHAID
Abstract
Abstract: The use of inquiry method in teaching grade IV IPS school district Kapuas 04 Nanga Suhaid upstream. Methods used in this research is descriptive method tiff to from action research (PTK) with research subjects grade IV elementary public school teachers and 04 Nanga Suhaid subjects IPS. This research is the result of the analysis of observations in getting the performance of student in the learning process has increased student activity pad a cycle success in reaching that (31,57) the site us II achieved success rate (78,94) .
Keyword:the use of inquiry, teaching IPS
Abstrak: Penggunaan Metode Inkuiri pada Pembelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Nanga Suhaid Kabupaten Kapuas Hulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode inkuiri oleh guru dalam meningkatkan aktvitas belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Nanga Suhaid Kabupaten Kapuas Hulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Nanga Suhaid dan guru mata pelajaran IPS. Hasil penelitian ini adalah hasil analisis observasi didapatkan bahwa kinerja siswa dalam proses pembelajaran mengalami peningkatan. Aktivitas siswa pada siklus I keberhasilan yang dicapai (58,66%), siklus II (72,66%). Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I keberhasilan yang dicapai (31,57%). Pada siklus II tingkat keberhasilan yang dicapai (78,94%).
Kata Kunci: Penggunaan, Metode Inkuiri, Pembelajaran IPS
Full Text:
PDF ()DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v2i3.1230
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .