PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH KABUPATEN KETAPANG
Abstract
Abstrak: Penerapan Metode Eksperimen dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk meningkatkan aktivitas siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Ketapang
Berdasarkan Pengamatan awal yang telah dilakukan, permasalahn yang terjadi pada pembelajaran Ilmu Penegetahuan Alam yaitu masih rendahnya aktivitas belajar siswa kelas IV MI Muhammadiyah Kecamatan Matan Hilir Selatan Kabupaten Ketapang. Sehubungan denga hal tersebut, sangat perlu dilakukan perbaikan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Salah satu caranya adalah dengan Peningkatan aktivitas belajaran menggunakan metode eksprimen. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV MI Muhammadiyah Kecamatan Matan Hilir Selatan Kabupaten Ketapang.
Metode yang digunkan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, Jenis Penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Classrom Action Research), dan sifat penelitian yaitu bersifat kolaboratif. Tempat penelitian berlangsung di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kecamatan Matan Hilir Selatan Kabupaten Ketapang. Dengan subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas IV MI Muhammadiyah Kecamatan Matan Hilir Selatan Kabupaten Ketapang. Teknik penggumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi langsung dan pengamatan terhadap siswa serta tes dalam bentuk soal.
Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dengan hasil yang peroleh yaitu: kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran , dengan menerapkan metode eksprimen mulai dari siklus I sampai siklus II secara berurut dapat diambil kesimpulan antara lain: pengamatan awal 2,84; 3,04 dan 3,56. Dari sekor yang diperoleh, menunjukan kinerja mengajar guru dengan metode eksprimen terjadi peningkatan. Demikian juga nilai aktivitas belajar siswa secara berurutan pengamatan 65,28% dan 80,26%. Peningktan terhadap aktivitas belajar siswa berdampak sangat baik.
Kata Kunci: Metode Eksperimen dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Abstract: An Application of Experimental Method in the Science Learning to Increase the Fourth Grade Students Activities of Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Ketapang. Based on the early observation that had been made, there was a problem occurred in the science learning, The problem was the lack of students activities in learning. Related to the problem, improvements to enhance students learning were very important to be done. One of the improvements was by using experimental method. The purpose of conducting this research was to increase the fourth grade students learning process in the science learning of Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kecamatan Matan Hilir Selatan Kabupaten Ketapang.
Method of this research is Descriptive Method and the form of this research is Classroom Action Research while the character of this research was collaborative. This research had been done in Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kecamatan Matan Hilir Selatan Kabupaten Ketapang. The sample of this research were teachers and students of the fourth grade. Techniques of collecting data were direct observation, students observation and test. The test was by giving tasks to the students.
This research was conducted in 2 cycles with the result: the teachers ability in implementing learning, by giving experimental method to the students from cycle 1 until cycle II orderly can be concluded: early observation 2,84; 3,04 and 3,56. From these score that had been gotten, it showed that teachers ability by using experimental method increased. Likewise students activities score were 65,28% and 80,26%. It indicates that the effect of experimental method in the science learning to increase the fourth grade students activites of Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Ketapang was had a good impact.
Key words: Experimental Method in the Science Learning.
Full Text:
PDF ()DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i3.1222
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats