AKTIVITAS PEMBELAJARAN STRUKTUR TUMBUHAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 10 SUNGAI MELAYU RAYAK KETAPANG
Abstract
Abstrak. Aktivitas pembelajaran struktur tumbuhan menggunakan metode diskusi pada siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 10 Sungai Melayu Rayak Ketapang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas fisik, mental, dan emosional dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode diskusi di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 10 Sungai Melayu Rayak Ketapang. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sifat kolaborasi antara peneliti dengan teman sejawat. Hasil penelitian yaitu Penerapan metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas fisik siswa meningkat yaitu dari rata-rata siklus 1 yaitu 43,75%, meningkat pada siklus 2 menjadi 70,31% , sehingga terjadi peningkatan sebesar 26,56%. aktifivitas mental siswa meningkatn dari rata-rata siklus 1 yaitu 36,72%, meningkat pada siklus 2 menjadi 67,19% , sehingga terjadi peningkatan sebesar 30,47%, dan aktivitas emosional siswa meningkat dari rata-rata siklus 1 yaitu 39,06%, meningkat pada siklus 2 menjadi 79,69% . sehingga terjadi peningkatan sebesar 40,63%.
Kata Kunci: aktivitas, pembelajaran, struktur tumbuhan, metode diskusi
Abstract. Vegetation structure learning activities using the method of discussion on student Elementary School Fourth Grade 10 Sungai Melayu Rayak Ketapang. The purpose of this study to determine the increase in physical activity, mental, and emotional learning science by using the method of discussion in the Fourth Grade Elementary School 10 Sungai Melayu Rayak Ketapang. This research method uses descriptive method, the shape of Classroom Action Research (CAR) to the nature of collaboration between researchers with colleagues.The application of research results discussion method can increase physical activity of students increased from an average of cycle 1 was 43.75%, an increase in cycle 2 to 70.31%, resulting in an increase of 26.56%. mental aktifivitas meningkatn students of average cycle 1 was 36.72%, an increase in cycle 2 to 67.19%, resulting in an increase of 30.47%, and emotional activity grade IV increased from average the average cycle 1 was 39.06%, an increase in cycle 2 to 79.69%. resulting in an increase of 40.63%.
Keywords: activities, learning, plant structure, the method of discussion
Full Text:
PDF ()DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i3.1220
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats