Penerapan Metode Penemuan dalam Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 08 Negeri Baru Kecamatan Benua Kayong Kabupaten Ketapang

Nurkholis F34210190, Siti Halidjah, Kartono .

Abstract


Kata Kunci : metode penemuan, peningkatan proses dan hasil, pembelajaran IPA

Masalah yang diangkat ialah apakah dengan menggunakan metode Penemuan dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. Untuk memperbaiki permasalahan tersebut diatas, perlu dilakukan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.

Berdasarkan masalah yang dirumuskan dalam ruang lingkup penelitian, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pada dasarnya penelitian ini di rancang dalam suatu tindakan yang biasa disebut siklus. Setiap siklus secara umum mempunyai model-model penelitian yang memiliki langkah-langkah yang sama. Sedangkan sifat penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Teknik dan alat pengumpul data dalam penelitian ini ialah menggunakan teknik observasi langsung dan teknik pengukuran, adapun sebagai alat pengumpulan data pada teknik observasi langsung menggunakan lembar observasi sedangkan alat pengumpul data pada teknik pengukuran ialah tes tertulis yang bersifat kualitatif.

Hasil belajar siswa dengan menggunakan metode penemuan, berdasarkan kriteria batas ketuntasan mata pelajaran IPA yaitu 70, maka siswa yang mencapai ketuntasan hanya 22 dari 36 orang siswa atau 61,1% dan 14 orang belum mencapai ketuntasan atau 38,9%, dengan nilai rata rata 71,4. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus 2, siswa yang dinyatakan belum mencapai batas nilai ketuntasan berkurang atau siswa yang mencapai batas nilai ketuntasan sebanyak 35 orang atau 97,2%, dengan nilai rata rata 81,7. Berarti ada kenaikan ketuntasan sebesar 36,1% dan kenaikan nilai rata rata sebesar 10,3. Dengan demikian pembelajaran IPA tentang struktur akar tumbuhan dengan penggunaan metode penemuan sudah mampu meningkatkan proses dan hasil belajar siswa.

Penerapan metode penemuan dalam penelitian ini dianggap mampu untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. Sehingga dalam tahap pelaksanaan pembelajaran secara berangsur-angsur nilai siswa menjadi sangat baik. Guru menciptakan pembelajaran yang sangat menyenangkan bagi siswa serta penggunaan metode yang tepat dalam merencanakan pelaksanaan pembelajaran sehingga siswa dapat dengan mudah untuk memahami materi yang disampaikan.

Kata Kunci : discovery methods, improved processes and outcomes, learning science

The issue raised is whether the discovery method can improve the process and outcomes of student learning. To fix the problem above, there should be a class action research conducted in two cycles, with each cycle stages of planning, implementation, observation and reflection.

Based on the issues outlined in the scope of the research, the methods used in this research is descriptive qualitative method. Basically, this study was designed in an act which is called cycle. Each cycle generally have research models that have the same steps. While the nature of this research is Classroom Action Research (CAR).

Techniques and data collection tool in this research is to use the technique of direct observation and measurement techniques, while as a means of collecting data on direct observation techniques using observation sheets while data collection tool on measuring technique is a written test that is qualitative.

Student learning outcomes by using the method of the invention, based on the criteria of science subjects completeness limit is 70, then the students who achieve mastery only 22 out of 36 people or 61.1% of students and 14 people have not achieved mastery or 38.9%, with a mean value - 71.4 average. After improvements in cycle 2, students who otherwise have not reached the limit value is reduced completeness or students who achieve mastery value limit by 35 people or 97.2%, with the value - average 81.7. Means there is an increase by 36.1% completeness and an increase in value - average of 10.3. Thus science learning about the structure of the roots of the plants by the use of the invention is to improve the process and outcomes of student learning.

Application of the method of discovery in this study are considered able to improve processes and student learning outcomes. Thus, in the implementation phase is gradually learning students to be excellent value. Teacher creates a very enjoyable learning for students as well as the use of appropriate methods to plan the implementation of learning so that students can easily understand the material presented.


Full Text:

PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i3.1214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats