MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KERJA KELOMPOK PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 05 SUNGAI KINJIL
Abstract
Abstrak: Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Kerja Kelompok pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 05 Sungai Kinjil. Tujuan penelitian ini untuk meningkatan aktivitas belajar siswa menggunakan metode kerja kelompok d pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN 05 Sungai Kinjil.
Pendekatan yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian guru dan siswa SDN 05 Benua Kayong. Langkah-langkah penelitian dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun Hasil penelitian yaitu 1) Penggunaan metode kerja kelompok dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran terjadi peningkatan sebesar 8,33%. 2) Penggunaan metode kerja kelompok dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas fisik siswa sebesar 22,81%. 3) Penggunaan metode kerja kelompok dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas mental siswa, sebesar 3,94%. Penggunaan metode kerja kelompok dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas emosional siswa sebesar 14,04%.
Kata Kunci : aktivitas belajar, metode kerja kolompok, dan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
Abstract: Improving Student of Activity Learning Using Methods Working Group Learning on Natural Science at an Elementary School Fourth Grade 05 Sungai Kinjil. Purpose of this research is to improve students' learning activities using group work in science learning d fourth grade students of SDN 05 Sungai Kinjil. The approach used in this research is descriptive qualitative research a form of classroom action research. The research subjects teachers and students of SDN 05 Sungai Kinjil. The phased do in four phases: planning, implementation, observation, and reflection. The results of the study are: 1) The use of group work methods to improve the learning ability of teachers to implement an increase of 8.33%. 2) The use of group work in a learning method to improve students' physical activity by 22.81%. 3) The use of group work in a learning method to improve students' mental activity, by 3.94%. The use of group work in the learning method can enhance students' emotional activity of 14.04%.
Full Text:
PDF ()DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i3.1210
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats