PEMANFAATAN MEDIA KIT DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI KOTA PONTIANAK
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan menganalisis tentang perhatian pada pemanfaatan media Kit dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri di Kota Pontianak. Yang meliputi jenis-jenis Kit yang dikenali dan dipertimbangkan dalam pemanfaatannya, persiapan, pelaksanaan serta perawatan dan penyimpanan media Kit. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media Kit telah dilaksanakan guru di sekolah namun belum optimal. Persiapan yang dilakukan terbatas pada pengecekan ketersediaan media Kit saja belum memperhatikan kelengkapan kit maupun pengujian. Pelaksanaan lebih kepada Standar Kompetensi bangun ruang dan beberapa bangun datar saja sedangkan kompetensi lainnya tidak memenfaatkan Kit yang ada. Kamampuan guru dalam memenfaatkan Kit masih perlu ditingkatkan. Penyimpanan media Kit perlu mendapat perhatian agar lebih tertata dan terawat dengan baik. Dukungan dari kepala sekolah dan pengawas pembina perlu dilakukan untuk memberikan motifasi kepada guru dalam memanfaatkan Kit matematika di sekolah.
Kata kunci: Media Kit, pembelajaran matematika
Abstract: This study focused on the use of the media kit in learning mathematic at junior High School in Pontianak City. The kinds of kit considered in usefulness, preparation, take care of activity and the storage kit media. The result of study showed that use has been carried out by teachers at school but the utility was not optimal. The teacher has prepared the times, the number of media, study materials and the safety but less of focus on students characteristic and the teachers ability. The implementation is focus only on basic competency on space shape and flat space shape but another competency was not use the available of kit. The teacher competence is more increase in usefulness of kit. The storage of kit is get more pay attention in order the kit storage is more tidy and take care well. The support of principal and advisor need to be done to give motivation to the teacher in utility mathematic of kit media at school.
Key words: Media Kit, learning science.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i10.12045
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats