PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA TEXT REPORT SISWA SMP
Abstract
Abstrak:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar membaca teks report. Multimedia pembelajaran berbantuan komputer yang berisi naskah materi pembelajaran, flowchart, storyboard, dan pengumpulan bahan-bahan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dimana teknik pengumpulan data melalui tes pemerolehan belajar dan angket motivasi belajar. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis terbukti bahwa : (1) Hasil belajar siswa dalam membaca text report menggunakan multimedia pembelajaran lebih baik dari pada tanpa menggunakan multimedia pembelajaran, (2). hasil belajar kelompok motivasi belajar tinggi pada siswa yang menggunakan multimedia pembelajaran lebih baik dari pada siswa kelompok motivasi belajar tinggi yang tidak menggunakan multimedia pembelajaran, (3) hasil belajar siswa yang menggunakan multimedia pembelajaran kelompok motivasi rendah lebih baik dari pada siswa kelompok motivasi belajar rendah yang tidak mengunakan multimedia pembelajaran, (4) hasil belajar kelompok motivasi belajar tinggi lebih baik dari pada siswa kelompok motivasi belajar rendah.
Kata Kunci : Multimedia Pembelajaran, Motivasi Belajar, Teks Report
Abstract:
The objectives of this researh was to know the influences of using the learning multimedia and learning motivation of students learning result of reading report text. Learning multimedia containing scripts of learning materials, flowcharts, and storyboards,and compiling materials.This reseach was the experiment research, the data collection technique through tests acquisition of learning and motivation questionnaire. Based on the results of hypothesis testing proved that: (1) Students learning result of reading text report using Multimedia is better than not using Multimedia, (2). Students learning result of reading text report for high group motivation is better than not using Multimedia, (3) Students learning result of reading text report for low group motivation is better than not using Multimedia, (4) Students learning result of reading text report for high group motivation is better than low group motivation.
Keywords: Learning Multimedia, Learning Motivation, Report Text.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i10.12044
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats