PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI VOLUME BALOK DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 06 RIAM DANAU KECAMATAN JELAI HULU KABUPATEN KETAPANG

M Aliansyah, K. Y Margiati, Gusti Bujang A

Abstract


Abstrak: Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Volume Balok Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 06 Riam Danau Kecamatan Jelai Hulu Kabupaten Ketapang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode demonstrasi dan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi volume balok di Kelas V SDN 06 Riam Danau Ketapang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan langkah-langkah metode demonstrasi adalah apersepsi, memperagakan media yang akan didemonstrasikan, memberikan penjelasan bagian-bagian yang terperinci, mengajukan pertanyaan, memberi kesempatan bertanya kepada siswa, memberikan kritikan atau saran, memberikan penilaian terhadap hasil kerja. Jumlah nilai dari 1.420 menjadi 1.690, siswa yang tuntas belajar dari 13 siswa menjadi 19 siswa, nilai rata-rata 67,62 menjadi 76,82, nilai tertinggi 100, serta nilai terendah 40. Hal ini berarti pembelajaran dengan metode demonstrasi dalam menghitung volume balok memberi pengaruh yang besar terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 06 Riam Danau Ketapang.

Kata Kunci : demonstrasi, hasil belajar matematika, volume balok

Abstract: Methods Demonstration Application to Improve Learning Outcomes In Mathematics Classroom Materials Volume V Beam Elementary School District 06 Riam Danau Ketapang Resident. This study aims to describe the application of the method measures and improve student learning outcomes by methods of demonstration on the beam in the material volume V Class Riam Danau Elementary School 06 Ketapang . In this research method used is descriptive method of research is a form of Classroom Action Research (CAR). Method is apperception demonstration, demonstrated that the media will be demonstrated, providing an explanation of the detailed parts, asking questions , gives students the opportunity to ask questions, provide feedback or suggestions, praise or appraisal of the work. Total value of 1420 to 1690, students who completed study from 13 students to 19 students, the average value of 67.62 to 76.82, the highest score of 100, and the lowest value of 40. This means learning by demonstration method in calculating the volume of the beam giving great influence on improving student learning outcomes fifth grade Elementary School 06 Riam Danau Ketapang.


Keywords: demonstration, the results of studying mathematics, volume beam

Full Text:

PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i3.1181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats