PERSEPSI DAN EKSPEKTASI SISWA KELAS VII TERHADAP PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SMP N 7 PONTIANAK
Abstract
Abstrak: Tujuan umum penelitian ini untuk mengetahui bagaimana persepsi dan ekspektasi siswa kelas VII terhadap pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di SMP N 7 Pontianak. Tujuan khusus penelitian mendeskripsikan persepsi dan ekspektasi siswa kelas VII dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok tahap pembentukkan, tahap peralihan, tahap kegiatan, dan tahap pengakhiran. Metode yang digunakan deskriptif, pendekatan kuantitatif dan bentuk penelitian yang digunakan survey. Subjek kasus siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data komunikasi tidak langsung dan studi dokumentasi. Alat pengumpulan data angket dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persepsi dan ekspektasi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Pontianak pada tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan, dan tahap pengakhiran mencapai 75 % masuk dalam rentang kategori baik. Guru pembimbing dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok melakukan perkenalan, guru pembimbing selalu menanyakan kesiapan anggota untuk masuk ketahap inti, guru pembimbing memberikan kesempatan untuk membahas topik secara bergantian, guru pembimbing selalu memberikan kesimpulan, mengulas kembali untuk memperkuat hasil layanan bimbingan kelompok.
Kata Kunci :Persepsi dan Ekspektasi, Bimbingan Kelompok
Abstract: The general objective of this study to find out how the perceptions and expectations of students of class VII to the implementation of group counseling services in SMP N 7 Pontianak. The specific objective of this study describes the perceptions and expectations of students of class VII in the implementation guindance services group formation stage, intermediate stage, stage activities, and termination phase. The method used descriptive. Quantitative approaches and form of research used survey. Case subject students of class VII. Data collection techniques of indirect communication and documentation. Data collection techniques tool questionnaire and documentation. The result showed that the perceptions and expectations of students of class VII SMP N 7 Pontianak at the formation stage, intermediate stage, stage activities, and termination phase reached 75% fall into either category range. Tutor in the implementation of group counseling services make introductions, the supervising teacher always asks readiness to enter to stage core members, a tutor providing an opportunity to discuss the topics in turn, the supervising teacher always gives conclusion, review the guidance to strengthen the results of the group.
Keyword: Perceptions and Expectations, Guidance Group
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i10.11640
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats