PERAN ORANG TUA SEBAGAI AGEN SOSIALISASI PENDIDIKAN DASAR ANAK KELUARGA PEMULUNG DI PONTIANAK
Abstract
Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua yang bekerja sebagai pemulung dalam pendidikan dasar anak. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini disajikan secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan informan sebanyak 5 orang yang terdiri dari 2 keluarga dengan masing-masing keluarga beranggotakan sebanyak 3 orang dan 2 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua sebagai perencana, dilakukan dengan cara merencanakan tingkat pendidikan anak kejenjang yang lebih tinggi serta menyiapkan dana untuk pendidikan selanjutnya. Kemudian peran orang tua sebagai pelaksana pendidikan dasar anak dilakukan dengan memenuhi kebutuhan anak dalam menunjang pendidikan yang dijalani. Selanjutnya peran orang tua sebagai pengawas dalam pendidikan dasar anak dilakukan dengan memberikan perhatian kepada anak, peduli terhadap kemajuan belajar anak, membimbing anak belajar, memberikan motivasi terhadap pendidikan yang dijalani anak serta mengajarkan nilai moral dan spiritual kepada anak.
Kata Kunci : Peran Orang Tua, Pendidikan Dasar
Abstract : This research aims to determine of the role of parents who worked as scavengers in the primary education of children. The approach used is qualitative approach with descriptive methods. Data accumulation techniques used are observation, interview, and documentation. Analysis in this research served in descriptive qualitative by using 5 informant consisting of 2 families with each family of as many as 3 people and 2 people. The results showed the role of parents as the planner, is done by plotting the level education of children to the higher and prepare the cost for further education. Then the role of parents as the executor of primary education to meet the needs of children done to support children in undertaken education. Furthermore, the role of parents as a supervisor in the child's primary education is done by giving attention to the child, care for children's learning progress, guiding children to learn, providing motivation to the education of children who lived and taught moral and spiritual values to the children.
Keywords : Role Of Parents, Primary Education
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i10.11598
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats