MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PAPAN OPTIK DI SMP
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan alat peraga papan optik pada pembelajaran cermin lengkung di kelas VIII SMP Negeri 1 Nanga Tayap. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 31 siswa kelas VIIIB. Hasil analisis data tes awal dan tes akhir menunjukkan bahwa rata-rata nilai dan ketuntasan hasil belajar siswa meningkat tiap siklusnya. Pada siklus I meningkat sebesar 35,55 dengan ketuntasan sebesar 69,19 % sedangkan pada siklus II meningkat sebesar 45,55 dengan ketuntasan sebesar 76,67 %. Hal ini disebabkan alat peraga papan optik dapat mempermudah dan membantu siswa untuk memahami isi materi yang disampaikan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif kegiatan untuk meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dapat mengatasi kesulitan belajar siswa.
Kata Kunci: Papan optik, cermin, hasil belajar
Abstract: The aims of the research are to improve the student learning outcomes through the use of props boards curved mirror optics on learning in class VIII SMP Negeri 1 Nanga Tayap. This research is a classroom action research (PTK) done as much as two cycles. The subjects were 31 students of class VIIIB. The average value and the completeness of student learning outcomes increased each cycle are showed by the result of the data analysis of the initial test and final test. In the first cycle increased by 35.55 with the thoroughness of 69.19% while in the second cycle increased by 45.55 with the thoroughness of 76.67%. This is due props optical board can facilitate and help the students to understand the material presented in order to improve student learning outcomes. Thus, this research can be used as an alternative activity to improve student learning outcomes in order to overcome the difficulties of student learning.
Keywords: Optical board, mirror, learning outcomes
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i9.11552
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats